PRE PLANNING PENGKAJIAN PERTAMA PADA KELUARGA DENGAN IBU MENYUSUI


A. LATAR BELAKANG
Ibu menyusui atau ibu meneteki merupakan sasaran asuhan keperawatan keluarga dimana mereka adalah bagian terpenting dalam pemenuhan kebutuhan anaknya. Buteki perlu mendapatkan perhatian lebih dari segi kesehatan karena merekalah tiang penyangga utama status kesehatan bagi anak yang diasuhnya. Dalam asuhan keperawatan haruslah dimulai dari tahap pengkajian sampai evaluasi
Pengkajian merupakan tahap pertama dari proses keperawatan yang merupakan langkah awal untuk mengetahui masalah keperawatan apa saja yang ditemukan pada keluarga. Dalam pengumpulan data dapat dilakukan melalui wawancara, pengamatan, studi dokumentasi dan pemeriksaan fisik. Pengkajian ini meliputi beberapa aspek yang harus dikaji antara lain data umum, riwayat dan tahap perkembangan keluarga, lingkungan, struktur keluarga, fungsi keluarga, stress dan koping keluarga, pemeriksaan fisik, dan harapan keluarga.
Untuk mengetahui masalah keperawatan yang ada pada keluarga maka diperlukan pengkajian yang lengkap sebagai langkah awal dari proses keperawatan.

B. TUJUAN
a. Tujuan Umum
Untuk mendapatkan data pada keluarga sehingga dapat dirumuskan masalah keperawatan pada keluarga khususnya yang masih memberikan ASI pada bayinya.


b. Tujuan Khusus
1. Mengetahui riwayat dan tahap perkembangan keluarga
2. Mengetahui karakteristik lingkungan keluarga
3. Mengetahui struktur keluarga
4. Mengetahui fungsi keluarga
5. Mengetahui stress dan koping keluarga
6. Mengetahui status kesehatan keluarga
7. Mengetahui harapan keluarga
8. Melakukan pemeriksaan fisik pada keluarga